tentang ARTI BELAJAR AKUNTANSI UNTUK ANAK SEKOLAH

ARTI BELAJAR AKUNTANSI UNTUK ANAK SEKOLAH

Akuntansi sebagai aktivitas jasa yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang bersifat angka, terutama tentang finansial, dari suatu unit entitas ekonomi, yang dimaksudkan untuk dapat berguna sebelum pengambilan keputusan ekonomi, dalam menentukan pilihan yang dianggap memiliki dasar yang kuat di bandingkan jika mengambil pilihan yang lain. akuntansi menjadi semakin multidimensi tidak hanya dipandang sebagai catatan historis, realitas ekonomi, sistem informasi, komoditi, pertanggungjawaban, teknologi, pelaporan, pengukuran kinerja melainkan menjadi dasar pemilihan strategi sebuah entitas.



Akuntasi merupakan proses mengidentisifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dimana proses tersebut digunakan sebagai penilaian atau pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi para pengguna yang membutuhkan informasi tersebut. Jadi proses akuntasi ini sangatlah penting dalam perusahaan terutama dalam mengambil keputusan. Akuntasi merupakan suatu seni yang mencangkup pencatatan, penggolongan dan peringkasan yang tepat dan pencatatan tersebut dinyatakan dalam satuan mata uang. Transaksi yang dilakukan dan kemudian dicatat setidaknya bersifat ekonomi dan finansial sehingga mudah dinyatakan dalam satuan mata uang.

ada beberapa fungsi untuk belajar akuntansi untuk anak SMA, yaitu :
Dalam konsep akuntasi, perusahaan dianggap sebagai sebuah entitas yang berdiri sendiri dan terpisah dari entitas ekonomi lainnya. sehingga akuntasi yang digunakan juga bisa berbeda dari satu entitas dengan entitas lainnya.

Proses akuntasi harus dilakukan secara berkesinambungan dan periodik. Hal ini berarti bahwa selama perusahaan itu ada dan melakukan operasi maka harus ada pencatatan akuntasi dan tidak boleh bolong di tengah dan lainnya. periode pencatatan bermacam-macam sesuai denga kebutuhan perusahaan masing-masing.

Periode pencatatan akuntasi sebenarnya bisa berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan ada yang mingguan, bulanan, tiap tiga bulan, tiap semester atau selama setahun. Namun umumnya yang digunakan adalah tiap semester dan tiap tahun.

Proses pencatatan akuntasi harus dilakukan secara objective dalam artian transaksi yang terjadi memang benar adanya dan didasarkan pada dokumen asli misalnya saja sebagai contoh dengan menggunakan bukti nota atau kwintansi. Jika tidak ada bukti asli dan hitam di atas putih maka tidak bisa dimasukan dalam proses pencatatan akuntansi.

eperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa semua pencatatan yang dilakukan dalam proses akuntasi akan dicatat atau dinyatakan dalam satuan uang. Ini akan mempermudah pencatatan secara kunatitatif dibandingkan dengan kualitatif.

Dalam proses akuntansi sangat penting untuk membandingkan antara beban yang dikeluarkan dan pendapatan yang didapatkan.

Dalam perusahaan pihak yang langsung membutuhkan informasi akuntansi ini adalah pihak manajemen. Pihak manajemen perusahaan akan melihat informasi keuangan yang ada dalam laporan akuntasi dan kemudian bisa mengambil beberapa keputusan seperti melakukan pengendalian perusahaan, pengkoordinasian perusahaan menjadi lebih baik lagi dan untuk merencanakan apa kebijakan yang akan diambil di masa yang akan datang.

Pihak luar atau ekstern yang juga berkaitan membutuhkan informasi akuntansi ini diantaranya adalah investor, kreditor, pelanggan, masyarakat, pemerintah dan karyawan. Mereka semua ini memiliki kepentingan yang berbeda-beda dari informasi keuangan akuntansi ini,

ebenarnya akuntansi ini juga sangat dibutuhkan oleh individu dan perorangan sebagai bahan evaluasi keuangan diri sendiri. Dengan melakukan pencatatan akuntansi sendiri anda akan dapat mengerti keadaan keuangan anda dan setelah itu anda bisa merencanakan apa yang terbaik di masa yang akan datang dengan kondisi keuangan yang ada saat ini. berikut ini adalah manfaat akuntansi sebagai bahan evaluasi.

Jika ada beberapa pihak yang menganggu gugat masalah keuangan misalnya saja buruh yang tidak puas dengan gaji yang diberikan dan menuntut untuk kenaikan gaji sedangkan perusahaan tidak bisa. jika terjadi hal tersebut maka perusahaan bisa melakukan musyawarah dengan para buruh dan memperlihatkan pencatatan akuntansi perusahaan.
Previous
Next Post »
0 Komentar