tentang ARTI DARI HIDUP MENYESAL

ARTI DARI HIDUP MENYESAL

Dalam hidup ini sering kali kita terlalu larut dalam masalah yang kita hadapi, sehingga terkadang kita menyesali diri sendiri, menyesali orang lain dan menyesali terjadinya peristiwa tersebut, hal ini yang membuat jiwa kita tidak tenang dan merasa hidup ini kurang berarti. Seseorang itu menyesali dirinya terhadap suatu hal dikarenakan dia lupa bahwa semua yang terjadi di dunia ini sudah ada yang mengatur, selain itu penyesalan itu bisa juga disebabkan karena hasrat yang terlalu tinggi dalam mengejar sesuatu, sehingga ketika hasrat itu tidak terwujud dia menjadi stres atau depresi.



Sulit sekali memang ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan atau pilihan, kita “bertanya” dengan apik kepada ketiga komponen yang kita miliki tersebut. Terkadang, perasaan lebih dominan hingga akal terkalahkan. Jadilah keputusan yang dibuat jauh dari cara pandang secara umum. Atau sebaliknya, akal lebih menguasai hingga kita jadi seorang makhluk yang tak punya rasa empati. Lebih parah lagi ketika kita sama sekali tidak melirik pada kecerdasan spiritual yang kita punyai, dan kitapun tidak terlalu cerdas untuk yang satu ini.

- Banyak orang sekarang menderita, buang-buang duit, buang-buang tenaga, buang-buang waktu, cuman untuk melakukan apa yang orang lain inginkan. Tujuan hidup mereka ditentukan orang lain, bukan ditentukan diri mereka sendiri.

- Terkadang karena rutinitas padat, fokus pada sesuatu, dan terlalu mementingkan diri sendiri, Anda lupa untuk menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Ketika kita memberikan suatu bantuan pada orang lain, secara tak sadar kita akan merasakan suatu kepuasan yang sulit digambarkan. Mulailah dengan memberikan pujian pada orang lain, karena dengan begitu Anda akan mulai merasakan kesenangan pada diri sendiri.

- Terimalah konsekuensi atas kesalahan yang telah kita buat dengan besar hati. Misalnya  saat Handphone kita hilang karena kecerobohan kita dalam menaruhnya, maka kitalah yang harus aktif menghubungi teman-teman kita. Atau jika kita terlena menonton sebuah acara TV yang menarik, maka kita harus begadang mengerjakan PR. Terima konsekuensi ini. Dengan begitu kita memiliki keinginan untuk tidak melakukannya lagi di kemudian hari.

- Dalam suatu kejadian yang paling mengecewakan sekalipun, pasti ada hikmahnya. Luangkan waktu untuk menenangkan diri dan merenung sejenak. Carilah sisi positif dari apa yang kita rasakan. Misalnya jika Handphone kita hilang karena ceroboh dalam menaruhnya, maka berarti kita harus lebih hati-hati dalam menaruh sesuatu dan memperhitungkan soal keamanan.

- Sekarang saatnya mengambil langkah baru yang lebih baik sebagai pencegahan. Misalnya saja daripada kita menaruh Handphone pada tempat Handphone yang riskan jatuh dan hilang, lebih baik kita memakai tas kecil yang tertutup rapat dan ada ritsletingnya.

- Kita cenderung untuk mengatakan bahwa kita menyesal berkali-kali. Padahal dengan berulang kali mengatakan menyesal tidak lah akan menyelesaikan masalah. Apa yang sudah terjadi takkan bisa terulang. Hal terbaik adalah dengan menyimpan penyesalan itu di hati, supaya kita dapat bersemangat dan siap memulai sesuatu yang baru dan lebih baik.

- Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa menggunakan uang untuk melakukan sebuah perjalanan atau travelling, akan membuat Anda jauh lebih sehat dan merasa senang. Gunakan uang Anda untuk mendapatkan pengalaman travelling, selain untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

- Ramah dan murah senyum pada orang lain secara tidak langsung akan berdampak pada mood dan perasaan yang Anda membuat jadi lebih bahagia. Ketika Anda dihadapkan pada masalah, usahakanlah untuk berusaha tersenyum karena bisa mempengaruhi pola pikir dan membuat perasaan lebih bahagia.

- Mengubah pola tidur dari yang tidak teratur, atau gemar begadang adalah langkah sederhana untuk buat hidup Anda bahagia. Pola tidur yang tidak teratur akan cukup berpengaruh pada mood , kondisi kesehatan, dan perasaan Anda yang cendrung menjadi kian buruk ketika terbangun.

- Berani mengekspresikan diri dengan tertawa, dan menangis akan membuat emosi Anda jauh lebih terkontrol. Sehingga hal ini akan memberikan dampak positif pada hidup. Jika Anda diminta untuk tertawa, mungkin itu bukan sebuah hal yang terlalu sulit, tapi lain hal dengan menangis. Padahal ketika seseorang mampu mengekspresikan kesedihan lewat tangisan, Anda secara tak sadar sedang meluapkan emosi yang merupakan modal awal dari rasa kebahagiaan.
Previous
Next Post »
0 Komentar