tentang MANFAT DARI ROTI RAGI

MANFAT DARI ROTI RAGI

membuat roti ragi
Ragi merupakan salah satu bahan penting yang digunakan untuk membuat roti. Kemungkinan roti bantat dan rasa kurang enak sangat besar jika saat membuat roti tidak ditambahkan ragi. Berikut penjelasan fungsi ragi pada roti, selain sebagai bahan pengembang. Karbondioksida dihasilkan saat proses fermentasi, setelah ragi tercampur rata dengan gula pada adonan. Karbondioksida yang dihasilkan menyebabkan adonan mengembang sehingga menghasilkan bentuk lebih besar.



ada beberapa fungsi dari roti ragi untuk makanan yang di sajikan, yaitu :
> Hal ini ditimbulkan karena adanya reaksi dari ragi yang menghasilkan alkohol dan asam protein pada tepung terigu, serta secara fisik gas karbondioksida meregangkan kandungan protein pada tepung terigu. Hasilnya adalah roti yang lembut, terdapat rongga udara yang ditinggalkan akibat hasil dari proses fermentasi ragi.

> Ragi meninggalkan rasa yang khas pada produk olahannya. Selama proses fermentasi adonan, ragi memeroduksi berbagai metabolit sekunder seperti keton, alkohol tinggi, asam organik, aldehida, dan ester. Beberapa kandungan alkohol akan menguap selama proses pemanggangan, sisanya bereaksi satu sama lain hingga menghasilkan rasa baru dan lebih kompleks. Reaksi ini biasa terjadi di kerak roti dan rasa yang dihasilkan berdifusi ke dalam remah roti.

> Fungsi ragi pada roti yang terakhir adalah: ketika adonan berupa air dan tepung terigu diuleni, maka akan membentuk adonan yang sangat elastis seperti permen karet, yang disebut gluten. Dalam pembuatan roti, gluten tersebut ingin dikembangkan menjadi lebih besar dibandingkan bentuk semula. Di sinilah ragi berfungsi untuk mengikat gluten dan memperkuat adonan saat dikembangkan. Semakin banyak kandungan gluten pada tepung terigu, akan semakin baik adonan roti yang dihasilkan, dan semakin maksimal pula kerja ragi.

cara membuat roti lebih empuk dan lezat kami akan memebrikan sedikit cara untuk membuat roti menjadi harum dan lezat, yaitu :
- Putih telur akan mempengaruhi volume adonan yang membesar karena dalam adonan terdapat gelembung udara yang besar dan tak beraturan. Akibatnya, adonan akan cepat turun karena jaringan terlalu lemah.

- Kuning telur akan memoengarui  volume adonan lebih kecil karena dalam kuning telur terdapat gelembung udara yang halus sehingga jaringan menjadi kuat tidak mudah turun.

- Telur utuh akan mempengaruhi adonan bervolume sedang. Jaringan tidak terlalu lemah atau kuat sehingga dalam proses oembuatan adonan menjadi lebih sempurna.

Telur merupakan bahan baku yang sangat berpengaruh pada hasil akhir adonan roti atau kue. Fungsi telur terhadap adonan dapat menambah nilai gizi, menguatkan rasa, membantu proses pengembangan produk, memperlunak, dan memperbaiki tekstur remah dalam adonan, serta memperbaiki kulit adonan roti.
Previous
Next Post »
0 Komentar