tentang CARA UNTUK MENGHILANGKAN BAU MULUT

CARA UNTUK MENGHILANGKAN BAU MULUT

Bau mulut merupakan sebuah keadaan dimana mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Masalah bau mulut ini bisa saja menyerang siapa saja, baik muda maupun tua, baik laki laki maupun perempuan. Meskipun bau mulut bukan merupakan masalah yang besar, namun hal ini bisa sangat membuat ketidak percayaan diri jika berbicara kepada orang lain, mungkin saja mereka bisa terganggu dengan kondisi bau mulut kita.


Bau mulut umumnya terjadi karena penumpukan bakteri pada gigi, lidah dan gusi. Bau mulut ini sering terjadi saat kadar air liur menurun. Air liur sendiri berperan sebagai pembersih bakteri. Pada kondisi menurunnya air liur ini berakibat mulut menjadi kering. Pada saat kadar air liur menurun, umumnya terjadi karena, :
Saat merasa laparKondisi ini sangatlah sering terjadi jika anda dalam keadaan lapar. Air liur terbentuk saat kita menguyah makanan. Jika lama kita tidak menguyah makanan otomatis tidak ada air lir yang muncul, dengan demikian akan menimbulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut yang terjadi. 
Pada pagi hari Produksi air liur akan berhenti pada saat kita tidur malam, ini juga akan menyebabkan tumbuhnya bakteri yang menyebabkan bau mulut.
Saat dehidrasiIni juga sering terjadi, karena air liur pun terbentuk karena air yang ada dalam tubuh. Apabila kekurangan ini juga menghambat produksi air liur yang membersihkan mulut kita.
penyebab akibat kebaukan mulut di karenakan beberapa faktor akibat bau mulut seperti:
Merokok -  Banyak sekali kerugian dalam merokok, salah satunya yang berkaitan adalah dapat meninggalkan bau mulut, karena bau tembakau tersebut. Selain itu merokok pun dapat menyebabkan terjadinya penyakit pada gusi.
> SariawanSariawan yang terjadi di dalam mulut akibat infeksi pada dalam mulut , yang berakibat bisa menimbulkan bau mulut, segera obati jika anda terserang sariawan.
> Tidak menjaga kebersihan mulutHal yang dimaksud tidak menjaga kebersihan mulut adalah tidak menggosok gigi. Menggosok gigi yang baik dilakukan pada saat setelah makan, sebelum tidur , dan pada saat mandi. Tidak menggosok gigi saat malam hari akan menyisakan sisa makanan dan akan membusuk sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada saat bangun tidur di pagi hari.
> Makan makanan pemicu bau mulut -  Makan makanan dengan aroma yang kuat akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, seperti makan bawang merah , bawang putih, dan rempah rempah lainnya. Pada proses pengolahan makanan di dalamnya, akan meningkatkan jumlah bakteri yang ada di dalam mulut yang dapat menimbulkan bau busuk. Meminum minuman yang beraroma kuat juga akan menimbulkan bau mulut, yaitu alkohol. Pada umunya, bau mulut yang diciptakan makanan dan minuman tidak akan bertahan lama jika rutin untuk menggosok gigi dan berkumur dengan antiseptik.
> Adanya gangguan pada gigi yang berlubangPada saat seseorang mengalami sakit gigi yang umumnya adalah gigi berlubang, bakteri akan sangat banyak menempel pada lubang gigi tersebut. Bakteri akan berkembang biak dan akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada mulut.
> Diet Diet juga berpengaruh dalam timbulnya bau mulut, pada saat diet, lemak akan dicerna yang juga menimbulkan pelepasan zat kimia yang bernama keton yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap.
> Masalah perut dan ususBau mulut yang terjadi sebenarnya bisa saja disebabkan oleh penyakit yang  berhubungan dengan perut dan usus. Pada keadaan seperti ini, asam lambung sering naik ke kerongkongan. Jika merasa penyakit ini yang timbul sebagai penyebab bau mulut, disarankan untuk periksa ke dokter dan menjalani pemeriksaan endoskopi. Endoskopi sendiri adalah sebuah pemeriksaan yang menggunakan alat endoskop yang berfungi untuk memeriksa area di dalam tubuh kita.
bagaimana cara untuk menghilangkan bau mulut yaitu memiliki beberapa cara seperti di bawah ini :
Selalu Menjaga Kebersihan MulutBersikat gigi setidaknya di pagi dan sore hari, bersikat gigi yang baik adalah dengan menggosok seluruh bagian dalam mulut, contohnya menyikat seluruh gigi, lidah, langit-langit mulut, dan gusi dengan pasta gigi mengandung flouride. Sangat disarankan pula untuk mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali. Lalu setelah itu berkumur dengan menggunakan cairan antibakteri. Pilihlah cairan anti bakteri yang mengandung chlorhexidine atau hidrogen peroksida, tapi tanpa kandungan alkohol sehingga mulut tidak menjadi kering.
Mengurangi Makanan Penyebab Bau Mulut yang tidak sedapSalah satu penyebab bau mulut seperti yang sudah dijelaskan di atas adalah mengkonsumsi makanan dengan aroma yang kuat, sangat dianjurkan untuk mengurangi makanan makanan tersebut.
Berhenti MerokokMerokok selain dapat mengganggu kesehatan tubuh kita, juga dapat menyebabkan bau mulut yang dihasilkan oleh aroma tembakau. Dianjurkan untuk segera berhenti merokok atau setidaknya mengurangi aktivitas merokok demi mengurangi bau mulut yang tidak sedap.
>Sarapan pagi sangatlah pentingHal yang sering dilupakan orang adalah melakukan sarapan pagi. Nah ini padahal sangat penting untuk menjaga agar tubuh mendapatkan energi dan meningkatkan konsentrasi pada saat bekerja ataupun sekolah.Dengan sarapan pagi, perut tidak kosong karena jika perut kosong , air liur akan mengalami penurunan kapasitas yang menyebabkan mulut kering, sehingga akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
Perbanyak Konsumsi Buah BuahanMemperbanyak konsumsi buah buahan, selain sehat juga bisa mencegah bau mulut yang terjadi, perbanyak konsumsi buah buahan yang mengandung vitamin C untuk memerangi bakteri yang ada di dalam mulut.
Mengunyah Permen KaretMenguyah perment karet akan sangat dapat mencegah bau mulut yang terjadi, karena selain menutupi bau mulut, menguyah permen karet juga bisa merangsang produksi air liur.
Perbanyak Minum Air putihMeminum air putih mineral akan membantu memproduksi kadar air liur, sehingga akan mengurangi bau mulut yang terjadi, selain itu juga dapat menyehatkan tubuh kita.
Teratur untuk memeriksa GigiTeratur untuk memeriksakan gigi minimal enam bulan sekali untuk mencegah adanya penyakit pada gigi dan gusi yang bisa menyebabkan bau mulut
Previous
Next Post »
0 Komentar