tentang MANFAAT BUNGA BAWANG

MANFAAT BUNGA BAWANG


Bunga bawang merupakan bunga sempurna yang memiliki benang sari dan kepala putik. Bunga bawang ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin C, serat, asam folat, zat besi, dan kalsium. Bunga bawang juga dapat digunakan sebagai obat tradisional karena kandungan antiseptik dan senyawa alliin. Sehingga bunga bawang bisa digunakan untuk penyakit – penyakit infeksi akibat bakteri secara luas. Bunga bawang biasa digunakan untuk dimasak menjadi lauk dengan campuran bahan lainnya. Bunga bawang merupakan bunga majemuk dengan tangkai yang menjulang panjang ke atas dan terdapat 50 – 200 kuntum bunga dalam satu tangkai. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan menggembung di tengah. Tangkai bawang berbentuk seperti pipa dengan lubang ditengahnya. 




bunga bawang ini memiliki bebrapa fungsai atau manfaat untuk masakan maupun kesehatan bagi kesehatan tubuh, yaitu dengan cara :

Mengurangi resiko penyakit jantungAllisin dan alliin bersifat hipolipidemik yang dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga mampu mencegah penyebab terjadinya penyakit jantung karena kelebihan kadar lemak. 

Meningkatkan daya tahan tubuh dan daya ingatKandungan zat besi merupakan jenis mineral mikro esensial yang dibutuhkan tubuh. Zat besi berperan sebagai media transportasi oksigen ke dalam sel dan sebagai katalis dalam proses pemindahan energi dalam sel. Kekurangan zat besi dapat berakibat berkurangnya nafsu makan, menurunnya kekebalan tubuh, menurunnya daya ingat dan konsentrasi.

Memperkuat tulang Bunga bawang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium adalah mineral yang penting dalam tubuh sebagai penghubung antar saraf, berfungsi dalam metabolisme tubuh, dan dalam pergerakan otot.

Mengontrol gula darah pada penderita diabetesFungsi kalsium dalam bunga bawang yaitu kalsium juga mampu mengaktifkan fungsi pancreas sehingga pengeluaran insulin lebih banyak pada penderita diabetes.

Mengobati cacinganAnak yang terkena cacingan biasanya cenderung kurus dan kurang aktif. Untuk mengobatinya bisa menggunakan daun bawang. Caranya, beri saja makanan yang mengandung daun bawang. Namun akan lebih bagus jika diberi sop yang mengandung daun bawang karena senyawa di dalamnya masih utuh daripada masakan yang cara memasaknya digoreng.

Meningkatkan kualitas tidurKualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Mendapatkan tidur yang berkualitas berarti mendapatkan kembali kebugaran tubuh yang telah digunakan untuk beraktifitas seharian. Mengkonsumsi daun bawang dapat memperbaiki kualitas tidur.

Menghilangkan jerawatDalam daun bawan gterdapat zat allicin yang bersifat sebagai antibakteri. Jika digunakan pada wajah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, bisa dengan memotong-motong daun bawang atau ditumbuk lalu oleskan pada wajah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuhDaun bawang mengandung antioksidan yang tinggi quercetin dan kemferfol. Kedua zat ini baik untuk kulit dan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Karena itu sangat baik untuk melawan penyakit seperti pilek, demam, dan flu. Selain itu juga terdapat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang membantu tubuh melawan bakteri sehingga terhindar dari infeksi.

Menjaga kesehatan mataMata adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi panca indera yang sangat penting. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Bukan hanya wortel, apel dan tomat yang bagus untuk kesehatan mata, bawang daun juga. Dalam satu batang bwang daun terdapat kandungan vitamin A. 
Previous
Next Post »
0 Komentar