tentang MANFAAT BUNGA CEMPAKA PUTIH

MANFAAT BUNGA CEMPAKA PUTIH

Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang biasanya ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di alam bebas. Pohon bunga cempaka dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 30 meter. Batang berkayu, daun tunggal, bulat, dan berwarna hijau. Bunganya berwarna putih dan memiliki bau yang harum. Bagian yang biasanya dimanfaatkan adalah pada bagian bunga, daun dan akar.



 berikut ini ada beberapa manfaat dari bunga cempaka bagi kesehatan tubuh kita dan cara menggunakannya, yaitu dengan cara :

Keputihan kerap melanda setiap kaum hawa pada saat menjelang sampai sesudah haid. Keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur dan parasit di sekitar alat kelamin. Sehingga mengakibatkan peradangan di daerah saluran ekskresi dan rasa perih saat buang air kecil. Cara mengobatinya bisa menggunakan bunga cempaka, caranya dengan merebus bunga kantil sebanyak 30 gram ditambah jali sebanyak 60 gram yang direndam sampai lembut terlebih dahulu serta kulit delima 15 gram sampai mendidih. Saring dan minum dalam keadaan hangat. 

Vertigo merupakan penyakit yang mengakibatkan si penderita mengalami gangguan keseimbangan, di sebabkan oleh terganggunya system keseimbangan yang ada di dalam telinga sehingga membuat penderita merasa pusing. Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan bunga cempaka, caranya dengan merebus 5 - 6 bunga cempaka putih yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dengan 500 cc air sampai mendidih dan tersisa 200 cc saja. Saring dan minum dalam keadaan masih hangat. 

ungkin setiap orang pernah mengalami bau badan yang tidak sedap. Hal tersebut dikarenakan oleh bakteri dan kuman penyebab bau tak sedap pada tubuh kita yang beracampur keringat atau bisa juga akibat pakaian yang kita kenakan. Biasanya bau badan lebih membuat seseorang akan merasa kurang percaya diri. Hal tersbut dapat Anda atasi dengan mandi menggunakan air rebusan bunga cempaka saat airnya hangat. Hal ini dikarenakan bunga cempaka memiliki aroma yang sangat tajam yang dapat mengatasi masalah bau badan Anda. 

Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya jaringan sinus di bagian hidung oleh virus, bakteri dan jamur dalam bentuk cairan sehingga menimbulkan peradangan dan mengakibatkan infeksi. Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan bunga cempaka yang direbus sebanyak kurang lebih  30 gram dan dicampur dengan bahan lainnya seperti 14 gram jahe, 29 gram daun menthol, 2 batang daun bawang putih. Semua bahan tadi direbus dengan 800 cc air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Saring dan minum dua kali sehari. 

> Perut kembung biasanya disertai dengan sendawa dan kentut yang berlebihan, dan rasa bergejolak di dalam perut karena gas tidak dapat dikeluarkan. Untuk mengobati perut kembung, cobalah cara alami.  Siapkan 5 kuntum bunga cempaka putih, 3 biji kapulaga, 5 gram jahe, dan 5 gram kulit buah jeruk keprok yang dikeringkan. Rebus bersama 700 ml air bersih hingga airnya berkurang setengahnya. Saring dan minum ramuan tradisional ini saat airnya menjadi hangat.

Batuk rejan atau pertusis disebabkan oleh infeksi pada saluran pernafasan. Untuk mengatasi gangguan ini, sediakan 7 kuntum bunga cempaka putih, 10 gram kulit jeruk keprok, dan 10 gram jahe. Rebus semuanya bersama 600 ml air hingga tersisa separuhnya, tambahkan sedikit madu murni. Minum di pagi dan malam hari, masing-masing 150 ml.
Previous
Next Post »
0 Komentar