tentang MANFAAT JAGUNG

MANFAAT JAGUNG

Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meskipun dipandang sebagai sayuran, sebenarnya merupakan biji-bijian makanan. Pada masa sekarang ini, sudah banyak jagung yang menjadi komponen penting dalam makanan hewan ternak. Jagung merupakan sumber minyak pangan serta bahan dasar dari tepung maizena. Berbagai produk olahan hasil jagung menjadi sebuah bahan baku pada berbagai produk industri.



Jagung ialah salah satu jenis makanan dapat dengan mudah untuk dikenali dari bentuk fisiknya yaitu terdapat biji yang mempunyai warna kuning serta letaknya berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Terdapat berbagai cara untuk menikmati jagung ini, dapat dengan di bakar dan rebus. Jagung yang sudah berumur agak tua dapat dijadikan popcorn. Manfaat jagung juga sangat baik untuk dikonsumsi. Dibalik rasanya yang enak, jagung juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.
Manusia membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas dan berpikir setiap hari. Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat merupakan solusi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat antara lain gandum, beras, dan jagung yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh manusia.
ada beberapa mafaat dari jagung, yaitu manfaat dari :
Meningkatkan Kesehatan Organ PencernaanSerat yang terkandung dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB tidak akan menyiksa lagi.

Memperkokoh TulangJagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh.

Menjadikan Kulit Menjadi Awet MudaKandungan antioksidan dalam jagung yang melimpah dapat membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif agar kulit menjadi lebih awet muda 
Mencegah AnemiaSalah satu gejala anemia adalah sering pusing kepala. Jagung mengandung vitamin B dan asam folat yang berguna dalam mencegah anemia.

Menyehatkan Organ PenglihatanJagung merupakan salah satu sumber beta karoten. Beta karoten merupakan merupakan pembentuk vitamin A dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi jagung dalam batas normal dapat membantu dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan organ mata.

Meningkatkan EnergiJagung merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga dapat bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung mengandung sekitar 29 gr karbohidrat. Jagung cocok untuk atlet karena mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memberikan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi.
Menambah Berat BadanJagung cocok bagi orang yang ingin menambah berat badan. Untuk menambah berat badan perlu meningkatkan asupan kalori. Jagung kaya akan kalori dan karbohidrat yang membantu meningkatkan berat badan. Dengan demikian, jagung merupakan salah satu makanan alternatik yang kaya akan karbohidrat. Secangkir jagung mengandung sekitar 130 kalori.
Itulah manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, jagung dapat menjadi makanan alternatif yang kaya akan manfaat. Jagung mengandung asam lemak yang tinggi dan tidak cocok bagi yang berada mempunyai penyakit jantung.


Previous
Next Post »
0 Komentar