tentang MANFAAT MELINJO

MANFAAT MELINJO

Buah mentah memiliki kulit dengan warna hijau. Warna kulit akan berubah dari hijau, kuning dan merah setelah matang. Buah yang sudah matang bisa jatuh sendiri tanpa perlu dipetik. Bagian buah melinjo yang bisa dimanfaatkan mulai dari kulit buah untuk sayuran dan camilan serta buah untuk dijadikan emping, sayuran dan berbagai produk camilan lain. Sebagai tanaman yang mempunyai banyak kandungan nutrisi, maka tidak heran jika melinjo mempunyai banyak manfaat nbagi kesehatan. Baik sebagai panganan maupun sebagai obat tradisional. 



ada beberapa manfaat dai daun melinjo sertai biji melinjo untuk keseshatan, yaitu dengan cara :
Mengobati lukadapat mengobati luka seperti luka tersayat atau luka lecet pada kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun melinjo dan juga bawang putih. Setelah halus, tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Ramuan tersebut dapat membuat luka menjadi cepat kering dan terhindar dari infeksi.

Mencegah penuaan diniPenuaan dini bisa terjadi keika tubuh seringkali terpapar oleh radikal bebas. Gejalanya bisa berupa flek-flek hitam, kerutan, kulit kering dan sebagainya. Hal ini bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan. Salah satunya melinjo, yang merupakan bahan makanan kaya antioksidan.

Mencegah anemiaMeski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun melinjo juga mngandung zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Anemia biasanya terjadi pada wanita, terutama ibu hamil. Sedangkan untuk pria, lebih sedikit terkena resiko kekurangan sel darah merah.

Antioksidan pencegah kankerKanker ganas merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatn jiwa. Besarnya kandungan kolesterold an lemak jenuh pada makanan cepat saji meningkatkan resiko terkena kanker lebih besar. Karena itu, diharapkan masyarakat kembali mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh alam dan memasaknya dengan cara yang benar sehingga kandungan gizi dan khasiatnya masih utuh. Melinjo merupakan makanan alami yang kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

Mencegah penyakit jantungSeperti yang dijelaskan di atas. Salah satu fungsi antioksidan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Yang artinya berperan penting juga dalam pencegahan penyakit jantung. Namun tentunya harus diimbangi juga dengan gaya hidup positif yang dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti rutin berolahraga, hindari junk-food, lemak, dsb. Tidak disarankan mengkonsumsi emping melinjo karena melewati proses penggorengan.

> Melancarkan buang air besarDaun melinjo memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kulit buah dan bunganya yang sering disebut uceng. Mengkonsumsi serat dapat membantu melancarkan buang air besar.

Meningkatkan daya ingatDimana khasiatnya sudah diakui dunia dalam meningkatkan konsentrasi, kecerdasan otak dan daya ingat. Dari kedekatan tersebut, Melinjo juga dipercaya memiliki khasiat yang sama.

Menjaga kesehatan mataManfaat melinjo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang diketahui dari kandungan gizi melinjo, bahwa makanan ini mengandung vitamin A yan cukup kaya. Dimana kita tahu bahwa salah satu kegunaan vitamin A yang terbesar adalah menjaga fungsi mata.

Meningkatkan daya tahan tubuh - dalam biji melinjo setara dengan vitamin C dalam menangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit dan polutan semakin meningkat.

Sebenarnya manfaat melinjo tidak hanya yang kami sebtkan di atas. Namun, apa yang kami sebutkan secara garis besar sudah bisa mewakili kegunaan tanaman ini sebagai pemasok bahan makanan yang baik bagi kesehatan. Meskipun masih ada kontroversi perihal efek samping melinjo terhadap peningkatan asam urat (gout), batu ginjal, hipertensi dan jantung.
Previous
Next Post »
0 Komentar