tentang manfaat sayur sawi

manfaat sayur sawi

Sawi merupakan sayuran yang sangat mudah sekali kita jumpai. Sawi ini biasanya dimasak dengan cara disayur tumis. Selain ditumis, kiita juga sering melihat sawi ini tersaji dalam mie ayam. Selain rasanya yang lezat, manfaat sayur sawi yang super banyak ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang cukup tinggi pada sawi. Sami mempunyai kandungan fitonutrien yang mampu mencegah berbagai penyakit.



sawi ini ada beberapa manfaat untuk manusia, yaitu :
1. Mengatasi peradangan dan pembentukan plak di arteri Manfaat sayur sawi yang pertama yaitu membantu mengatasi peradangan. Sawi mempunyai kandungan fitonutrien, querecetin yang membantu mengatasi proses peradangan. Selain itu dua at ini juga membantumencegah timbulnya plak didaerah arteri.

2. Membantu mengendalikan kolesterol pada tubuhManfaat sayur sawi berikutnya adalah membantu menjaga kadar kolesterol darah. Pada sawi hijau mengandung tinggi serat, serat ini membantu mengontrol kadar kolesteroljahat pada darah.

3.  Sumber antioksidan Sawi yang masih dalam keadaan segar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain mengandung antioksidan, sawi ini juga mengandung mineral lain seperti Vitamin A, C, E, karoten, dan juga mineral lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, seng, kalium, selenium dan juga mangan.

4. Mencegah kanker Sawi mempunyai kandungan klorofil yang tinggi pada daunnya yang erwarna hijau tua. Kandungan klorofil pada sawi ini mampu menghambat efek karsinogenik amina heterosiklik yang muncul saat proses memanggang atau membakar makanan.

5. Mengurangi resiko penyakit diabetes  Kandungan antioksidan pada sawi bermanfaat sebagai alpha lipoic acid yang mana bermanfaat menurunkan kadar gla dalam darah. Kandungan ini juga meningkatkan sensitivitas insulindan juga mencegah oksidatif stress.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut Kandungan vitamin A pada sawi sangat bagus untuk kulit. Vitamin A ini diperlukan untuk memprodusi sebum yang berfungsi untuk melembapkan rambut. Selain itu, vitamin A ini juga dibutuhkan untuk proses pertumbuhan jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sawi bermanfaat untuk membangun dan memelihara kolagen yang mana memberikan struktur pada kulit serta rambut.

7. Membantu progam diet Sawi mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah namun sawi ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada sawi membantu melancarkan proes pencernaan kita. Hal inilah yang membuat sawi sangat cocok untuk dijadikan menu andalan diet.

8. Mempunyai kandungan vitmin C yang tinggi andungan vitamin C pada sawi ternyata jauh lebih tinggi daripada jeruk. Vitamin C ini berguna untuk menjaga kesehatan kita, mengganti sel sel tubuh yang rusak.

9. Menjaga kesehatan tulang Sawi juga mengandung tinggi vitamin K. Vitamin K ini membantu menjaga kesehatan dan massa tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dini.

10. Bermanfaat untuk ibu hamil  Sawi mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Mengkonsumsi sawi saat masa kehamilan sangat disarankan karena tingginya nutrisi yang terkandung pada sawi tersebut.

manfaat sawi hijau tersebut, membuatnya banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Selain sebagai salah satu sumber makanan sehat, Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musim tertentu.
Previous
Next Post »
0 Komentar