tentang MENGOBATI BATUK

MENGOBATI BATUK

Batuk sebenarnya adalah respon alami dalam tubuh kita untuk mengeluarkan iritasi akibat debu atau kotoran yang mengganggu sistem pernapasan. Bahkan batuk merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh dari serangan benda luar.



Seseorang yang mengalami batuk biasanya terdapat gangguan didalam saluran pernapasannya. Baik itu dari organ pernapasan luar atau bahkan dari syarafnya. Kita belajar organ pernapasan yang bergitu kompleks dari sekolah dasar hingga menengah. Dan kita menjadi tahu ada beberapa jenis batuk beserta penyebabnya.

Sebenarnya ada 2 jenis batuk, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah kondisi dimana Anda batuk dan tidak mengeluarkan apapun selain udara. Bila dilihat dengan detail, dalam proses batuk kering biasanya kita mengeluarkan semacam bakteir, virus dan biasanya batuk kering memang dibutuhkan oleh tenggorokan kita untuk membersihkan saluran pernapasan yang mungkin sudah menyimpan debu atau kotoran akibat kita menghirup udara kotor. 
Biasanya yang mengalami batuk kering adalah penderita flu. Hanya saja bila keadaan batuk kering ini lebih dari satu bulan atau bahkan 2 bulan,

Pada kesempatan kali ini kami sengaja membagikan informasi yang berkaitan dengan batuk, yaitu dengan cara :

Penyebab batuk kering :

1. Penderita sinusitis
Orang yang menderita penyakit sinusitis biasanya lebih sering batuk, dan batukya termasuk kedalam batuk kering. Apalagi bila seorang tersebut berada di daerah bersuhu dingin yang menyebabkan mereka mengalami batuk kering sebagai refleks tubuh terhadap udara luar.

2. Asma
Jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, tidak salah lagi jika memang Anda sering mengalami batuk ringan. Orang yang sedang kambuh penyakit asma, biasanya sangat sering batuk di malam hari.

3. Asam dalam perut
Kasus ini jarang terjadi, dimana ada kondisi asam dalam perut yang berjalan menuju tenggorokan dan namun melalui kerongkongan. Nah hal ini pula yang menyebabkan seseorang mengalami batuk-batuk kecil dan ringan.

4. Komplikasi obat
Orang yang sudah terbiasa mengonsumsi obat, biasanya cenderung lebih mudah batuk. Hal ini adalah sebuah refleks tubuh yang ingin mengeluarkan kotoran dari sistem pernapasan.

5. Alergi
Bila Anda memiliki alergi pada suatu benda, makanan atau binatang, biasanya Anda akan mengalami batuk-batuk ringan. Dan hal ini sebagai bentuk penolakan tubuh terhadap benda yang menyebabkan tubuh kita menjadi alergi.

6. Kebiasaan buruk
Dan penyebab batuk kering yang terakhir adalah kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol yang pasti berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Itu mengapa perokok akan lebih mudah terkena penyakit saluran pernapasan, dan yang paling parah adalah penyakit kanker paru-paru.

Berbeda dengan batuk kering, batuk berdahak ini memang sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya batuk berdahak ini sangat wajar, karena sebagai perlindungan tubuh untuk mengeluarkan debu atau bakteri yang masuk dan mengganggu sistem pernapasan. Dahak atau lendir ini bertugas untuk membuang kotoran dan pada akhirnya kita keluarkan melalui batuk. Lendiri sebenarnya berwarna putih bening, hanya saja sering kita jumpai lendir yang berwarna hijau atau kuning yang menandakan bahwa dalam sistem pernapasan kita terdapat infeksi. Perubahan warna ini dikarenakan kumpulan bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan kita.

Penyebab batuk berdahak :

1. Virus
Orang yang terserang virus dan tidak mampu mencegahnya, maka hal yang paling mungkin terjadi adalah mengalami batuk yang disertai dengan dahak. Dahak yang keluar pun dalam bentuk cair dan berwarna pekat. Ini membuktikan terdapat virus dalam saluran pernasapan.

2. Infeksi
Yang kedua karena disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan yang cukup parah. Bila infeksi ini tidak segera diatasi maka yang akan terjadi adalah kita akan batuk dan mengeluarkan lendir sisa infeksi dari bakteri atau virus yang ada didalam.

3. Penyakit paru-paru
Dan yang terakhir adalah akibat mengidap penyakit paru-paru akut, misalnya saja TBC, bronkitis, kanker paru-paru sehingga menyebabkan seseorang menderita batuk berdahak yang cukup parah.
Previous
Next Post »
0 Komentar