tentang MANFAAT BELAJAR BIOLOGI

MANFAAT BELAJAR BIOLOGI

Biologiadalah salah satu cabang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Di tingkat Sekolah Menengah Pertama, ilmu ini masih digabungkan dalam pelajaran IPA bersama dengan bagian ilmu lain seperti kimia dan fisika. Mata pelajaran ini belum berdiri secara terpisah, sebagaimana mata pelajaran ini di tingkat Sekolah Menengah Atas. Dalam seminggu, siswa memiliki waktu pelajaran biologi sebanyak dua jam pelajaran. Dalam waktu pelajaran tersebut, selain diberikan pendidikan teoritis siswa juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan praktek. Hal ini mengingat biologi adalah sebuah mata pelajaran yang mempelajari tentang manusia dan lingkungan hidupnya.

Sebab, biologi berasal dari kata bios dan logos yang merupakan bahasa Yunani. Bios berarti hidup, dan logos adalah ilmu. Sehingga, jika kedua kata itu digabung menjadi biologi yang berarti sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Dan dalam kehidupan tersebut, dispesialisasikan pada makhluk hidup, yaitu manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Dalam biologi ini, manusia akan mengetahui sistem kehidupan yang ada di dunia ini. Baik itu tentang sistem reproduksi manusia, konsep rantai makanan atau juga mengenai pengenalan lingkungan hidup. Dari pelajaran inilah, manusia bisa mengenal mengetahui siklus kehidupan manusia dari sisi ilmiah, dan juga tentang apa saja yang terkait dengan makhluk hidup lainnya.
biologi ini mengajarkan beberapa manfaat yang berguna untuk manusia, tumbuhan, hewan, dsb. yaitu :
Pengembangan dunia pertanian sejak dulu tidak bisa dilepaskan dari keberadaan pemahaman ilmu biologi. Rahasia-rahasia proses kehidupan, penemuan gen-gen yang memiliki pewarisan sifat-sifat unggul membuka jalan untuk diversifikasi budi daya tanaman pangan. Ini merupakan langkah positif untuk menemukan bahan makanan pokok alternatif (protein dan hewani) untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia di dunia. Apalagi saat ini dunia sedang berada pada situasi krisis kerawanan pangan akibat ledakan populasi penduduk dan menyusutnya lahan pangan. Teknik hibridisasi misalnya, saat ini dikembangkan untuk pemenuhan kebutuhan jenis serealia dan kacang-kacangan, agar mendapatkan varietas unggul, tahan penyakit serta berumur pendek. Hal ini diperlukan untuk mempercepat produksi pangan dunia.
 > Manfaat lain di bidang pertanian adalah pemahaman biologi untuk mendeteksi dan memproteksi tanaman dari serangan hama dan penyakit. Pengendalian hama secara biologis merupakan pilihan lain, setelah penggunaan pestisida banyak merugikan karena menimbulkan resistensi dan kerusakan lingkungan. Ilmu biologi (entomologi), bisa dipakai untuk mengetahui sifat dan karakter serangga yang berhubungan dengan ilmu dan iklim tertentu dikaitkan dengan pola pertanian. Sehingga manusia dapat bercocok tanam dengan tepat. Bisa juga untuk memperkuat metode penanggulangan hama serangga.
Biologi juga mendukung ditemukannya obat-obatan yang diperlukan manusia. Farmasi juga membantu memahami bagaimana reaksi manusia dalam memahami reaksi tubuh terhadap bahan kimiawi tertentu yang ada dalam obat. Riset tentang ketersediaan obat yang tepat untuk penyakit tertentu merupakan perkembangan dunia Farmasi dikaitkan dengan ilmu biologi. Farmasi juga sangat membantu dalam mempelajari biological engineering untuk produksi senyawa-senyawa tertentu seperti antibiotik dan insulin.
 > merupakan peran penting dalam pelestarian hutan mangrove, hutan bakau di kawasan pulau-pulau di seluruh Indonesia, menuju kesiapan sebagai negara maritim. Termasuk juga peran biologi dalam pembuatan tambak, rumpon (rumah ikan ), keramba jala apung, termasuk proses pemijahannya. Di dalam nya juga termasuk untuk riset budidaya ikan yang bernilai gizi tinggi dan ekonomis. Manfaat hutan dalam bidang perikanan ini juga harus dimanfaatkan.
Pengadaan obat-obatan untuk kesehatan seperti vaksin untuk merangsang sistem kekebalan tubuh (antibodi), obat-obatan dari bahan asal hewan, tumbuhan atau mikroorganisme, merupakan produk yang tidak lepas dari biologi. Banyak pabrik didirikan di Indonesia dalam bidang ini. Begitu juga dengan industri fermentasi seperti kecap, tempe, roti, yoghurt, dan nata de coco. Termasuk makanan dan minuman prebiotik dan probikotik berupa serat-serat tumbuhan dan mikroorganisme dalam tubuh.
 > Pemanfaatan biologi sangat kuat. Ini bisa kita lihat dari proses rekayasa genetik, pengembangan kultur jaringan, klonning atau pengembangan sel induk. Termasuk pada proses penguraian minyak mentah yang tumpah di laut dengan menggunakan bakteri tertentu. Pengembangan teknik kultur jaringan merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman terbaru secara vegetatif untuk mendapatkan tanaman secara klonning dari jaringan awal.
biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi dan hewan lainnya merupakan contoh nyata limbah hewan bisa dijadikan alternatif untuk pengganti energi. Biogas bisa dipakai untuk memasak di pedesaan dan penerangan. Penemuan bio-diesel dan minyak jarak sebagai alternatif bahan bakar fosil untuk otomotif cukup memberikan angin segar.
Munculnya berbagai varietas unggul seperti ayam petelor, ayam pedaging, sapi unggul, sapi penghasil banyak susu, dan domba pedaging adalah kemajuan bidang peternakan. Ini merupakan kemajuan setelah ditemukannya teknologi kawin silang (hibridisasi) dan inseminasi buatan pada ternak sapi. Saat sekarang ayam buras (bukan Ras) justru kalah dalam produksi.
Cabang biologi yang membahas tentang masalah seluk beluk pemeliharaan makanan untuk kesehatan manusia disebut hygien. Ilmu ini mengkaji berapa banyak makanan yang diperlukan tubuh untuk orang-orang tertentu. Penderita diabet memerlukan komposisi yang terukur agar tetap sehat. Demikian juga dengan orang yang sedang diet ketat.
Pemanfatan tanaman dan bahan asal hewan sebagai racikan obat herbal akan sangat memerlukan kepiawaian dalam hal biologi praktis. Apalagi segala bahan untuk racikan tersedia di alam nusantara ini. Pemanfaatan pekarangan sebagai lahan untuk penanaman tanaman obat keluarga (saritoga) akan sangat mendukung program ini. Bukankah jamu sebagai bagian dari herbal sudah dikenal masyarakat cukup lama.
Semakin maraknya pembuktian DNA pada beberapa kasus kriminal, dan kecelakaan membuktikan bahwa bidang biologi berperan penting. Moleklul DNA dapat diambil dari sel tubuh yang bersangkutan yang akan memberikan identifikasi enzim retriksi yang khas pada setiap individu.Dalam bidang Ekonomi, dikembangkannya riset dan penemuan dalm bidang biologi membuat kesejahteraan masyarakat meningkat. Para petani, peternak, nelayan dan kalangan industri berbasis biologi naik secara ekonomi. Hal ini akan membuat kesejahteraan rakyat ikut naik.
Previous
Next Post »
0 Komentar