tentang manfaat buah kelengkeng / longan

manfaat buah kelengkeng / longan

buah kelengkeng adalah buah yang sangat subur tumbuh di bumi indonesia karena termasuk model tumbuhan buah tropis. buah kelengkeng sendiri dari daratan asia tenggara. Buah kelengkeng ini bergelombol seperti buah rambutan namun bentuknya seperti buah duku. buah kelengkeng ini banyak mengandung gizi yang bermanfaat buat tubuh kita, mudah juga untuk di temukan di beberapa daerah di indonesia karena buah ini sudah banyak tersedia di pasar ataupun di toko buah.



Buah ini mempunyai daging yang manis dan seringkali ditambahkan pada koktail. Rasanya yang menyegarkan dan manis membuat buah tersebut menjadi salah satu jenis buah favorit di Indonesia.

ada beberapa manfaat dari buah kelengkeng ini atau di sebut dengan buah longan, yaitu :
Sangat baik untuk mata - Riboflavin merupakan jenis vitamin penting yang jadi bagian dari vit B kompleks. Seorang pria perlu 1,3 mg vitamin ini setiap harinya, sementara seorang wanita memerlukan 1,1 mg riboflavin per harinya. Menurut sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan di tahun 2004, kekurangan riboflavin ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan mata, terutama katarak. Lengkeng mentah memiliki 0,14 miligram riboflavin dalam setiap 3,5 ons-nya, namun lengkeng kering mempunyai 0,5 miligram per 3,5 ons-nya. Makan 3,5 ons lengkeng yang kering mampu memenuhi 38% dari kebutuhan riboflavin harian untuk seorang pria dan 40% untuk wanita.

Membuat awet muda - Lengkeng juga ternyata sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Lengkeng mempunyai sifat anti-penuaan & terbukti mampu meningkatkan kesehatan kulit. Buah tersebut sangat bermanfaat untuk merawat kulit yang ada di area mata, serta bisa meminimalkan keriput serta mencerahkan warna kulit. Lengkeng juga tinggi akan kandungan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit serta membuat kulit Anda jadi lebih kenyal. Buah ini juga membantu untuk menyehatkan gusi dan gigi.

Mengurangi stres & kelelahan - Buah ini sangat baik juga untuk jantung karena membantu dalam mengurangi stres serta kelelahan. Bukan hanya itu. Lengkeng juga baik untuk organ limpa dan hati, serta dapat meremajakan sirkulasi darah & memberikan efek yang menenangkan pada sistem saraf tubuh. Buah ini juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Mempercepat proses penyembuhan - Bersama dengan polifenol, buah kelengkeng dapat melawan ra-dikal bebas di dalam tubuh dan sekaligus mencegah kerusakan sel.  Sehingga mampu membantu dalam proses penyembuhan.

Melancarkan sirkulasi darah -  buah ini kelengkeng bisa dimanfaatkan juga untuk mencegah anemia. Selain itu, lengkeng terbukti dapat mengendalikan kadar zat besi di dalam tubuh.

Membantu program diet - Kelengkeng punya kadar lemak & kalori yang ternyata sangat rendah. Setengah mangkuk buah lengkeng hanya memiliki kandungan 35 kalori, pilihan yang cukup tepat untuk diet.

Sumber energi - Meskipun mempunyai lemak dan kalori yang cukup rendah, buah ini ternyata mengandung karbohidrat kompleks yang bisa memasok energi & meningkatkan stamina.

Mencegah demam dan flu - Tingginya kandungan vitamin C dalam buah ini dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga membantu melindungi tubuh dari demam & flu.

Mengobati gigitan ular - Mengurut daerah yang tergigit oleh ular dengan memakai biji kelengkeng mampu menghisap racun & sekaligus menyembuhkan lukanya. Tentu saja ini harus dilakukan ahlinya.

Menjaga kesehatan rambut - Zat saponin yang terdapat dalam biji kelengkeng merupakan bahan dasar sampo yang bisa membuat rambut menjadi lebih indah. Baca juga: 17 Khasiat Anggur Untuk Tubuh

>  Mengobati luka bakar - Ambil saja sedikit kulit ataupun cangkang lengkeng, bakar hingga menjadi arang. Tumbuk halus dan setelah itu campurkan dengan  minyak tung. Bubuhkan pada area yang terbakar.

Itulah beberapa manfaat buah kelengkeng yang menakjubkan untuk kesehatan yang jarang diketahui. maka menjadikannya sebagai bagian dari buah-buahan yang Anda konsumsi setiap hari. Karena dibalik manis dan segarnya lengkeng ini menyimpan banyak khasiat yang hebat buat tubuh manusia.





Previous
Next Post »
0 Komentar