tentang MENCEGAH PENYAKIT TBC

MENCEGAH PENYAKIT TBC

TBC adalah penyakit yang biasanya menyerang mulai dari organ paru-paru. Penyakit TBC merupakan salahsatu penyakit menular. Penyakit ini menular melalui udara, termasuk ketika orang yang terinfeksi melakukan kontak berbicara, tertawa dan batuk. Penyakit ini memiliki penanganan yang khusus dan muncul dalam jumlah yang jarang. Orang yang sudah terkena penyakit ini harus melakukan perawatan dan pengobatan intensif hingga benar-benar sembuh sehingga TBC tidak kambuh kembali.



TBC merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang memiliki nama Mycobaterium tuberculosis. Biasanya orang yang terkena TBC menyerang pria atau wanita, Penyakit ini masuk kedalam penyakit yang menyerang pada organ paru-paru dan sifatnya mematikan. Bahkan tak hanya paru-paru susunan syaraf pusat, ginjal, sendi, tulang dan bagian tubuh lainnya bisa terserang, namun pada umumnya penyakit TBC ini menyerang paru-paru.

ada beberapa fungsi untuk menghindari TBC ke dalam tubuh kita, yaitu dengan :

Sebagian orang tidak memikirkan mengenai penyakit yang satu ini. Padahal harusnya Kita tahu bahwa penyebaran dari TBC dapat terjadi dengan cepat dan dapat mengintai siapa saja

Untuk mencegah penyakit TBC, Anda harus berusahan menghindari penyebarannya. Salah satunya adalah dengan tidak berdekatan dan berkomunikasi dengan pengidap tuberkulosis. Terlebih jika Anda adalah orang yang sudah positif TB laten. Jika Anda terpaksa berhubungan dengan orang-orang yang mengidap penyakit TBC, misalnya Anda adalah seorang perawat atau bekerja pada bagian fasilitas perawatan dimana pasien TB sedang dirawat, Anda bisa melakukan langkah-langkah perlindungan. Diantara yang paling utama adalah dengan menggunakan masker wajah agar bakteri TB tidak terhirup.

Pola hidup yang buruk dalam masalah kesehatan biasanya memiliki risiko terkena virus TB lebih besar dibandingkan orang-orang yang menjaga gaya hidupnya tetap teratur. Bahkan, resistennya lebih rendah dibandingkan orang-orang yang sehat. Oleh sebab itu, cara mencegah penyakit TBC yang paling efektif adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan kurang sehat, termasuk lemak dan gula berlebih.

Cara mencegah penyakit TBC selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan tes. Dengan cara ini, Anda bisa melakukan penanganan secepatnya, terlebih jika Anda sudah positif TB laten. Metode tes yang dilakukan sendiri ada beberapa, namun yang paling umum ada 2 jenis. Diantaranya adalah tes kulit atau tes darah.

Dengan mengetahui gejala TBC, Anda bisa menghindari diri dari orang-orang yang kemungkinan terjangkit. Lebih-lebih jika gejala tersebut yang mengenai Anda, sehingga penanganan cepat dapat dilakukan. Diantara gejala tersebut adalah cepat lelah, penurunan berat badan, batuk, demam, berkeringat ketika malam, kehilangan nafsu makan dan mengigil.

Daun Sirsak punya manfaat baik untuk TBC. Salah satu manfaat yang dapat diambil dari daun sirsak untuk  pengobatan TBC ialah kemampuannya dalam sistem kekebalan tubuh (imunitas). Biasanya orang yang menderita TBC tubuhnya lemah dan rentan terkena penyakit lainnya, disinilah manfaat daun sirsak berperan yaitu dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar penderita TBC tidak akan mudah terserang penyakit lain sehingga dapat membantu proses penyembuhan.

Teh hijau kaya akan antioksidan dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Cara menggunakannya, rebus teh hijau dengan air untuk membuat teh lalu konsumsi dua kali atau tiga kali sehari.

Jeruk akan membantu untuk menjaga paru-paru Anda sehat. Mineral dan vitamin yang ada dalam jeruk mampu meremajakan jaringan paru-paru. Jus jeruk bertindak seperti ekspektoran dan mengurangi batuk. Jeruk membantu mencegah infeksi sekunder dari tubuh dengan tuberkulosis karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Previous
Next Post »
0 Komentar