tentang AKIBAT PENYAKIT TIPES

AKIBAT PENYAKIT TIPES

Penyakit tipes merupakan salah satu jenis penyakit yang di akibatkan atau ditularkan oleh bakteri salmonella melalui media makanan atau minuman. Gejala yang bisa dilihat saat seseorang terkena penyakit ini yaitu badan terasa meriang (panas dingin), tubuh lemah. Penyakit ini biasanya akan mudah hinggap pada seseorang dengan tingkat kekebalan tubuh yang lemah atau kurang fit. Bakteri akan berkembang dalam usus dan menyebabkan demam. Karena itu gejala awal ketika seseorang terkena tipes biasanya demam pada malam atau pagi hari. Selain waktu-waktu tertentu bisa beraktifitas seperti biasa sehingga gejala awal sering tidak diperhatikan. Pemeriksaan tipes biasanya dilakukan dengan pengujian darah, urin atau feses.



ada beberapa untuk mengobati untuk membantu menghilangkan tipes yagn ada di dalam tubuh kita, yaitu :
> Penderita tipes juga lebih sering kehilangan cairan karena demam dan mual atau muntah. Memberikan banyak air mineral kepada penderita akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Terlebih jika penderita juga mengalami diare yang buruk. Cairan akan membantu menurunkan demam, menghambat kerja bakteri dan membunuh bakteri itu secara alami. Jika tidak bisa minum cairan dengan baik maka pemberian cairan melalui infus bisa diberikan di rumah sakit. Pemberikan cairan lewat infus akan langsung ke pembuluh darah sehingga mempercepat penyembuhan. Selain itu, pemberian obat antibiotik lewat jenis cairan infus juga bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

> Penderita tipes harus  banyak istirahat karena istirahat bisa membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Penderita tipes disarankan banyak istirahat di tempat tidur dan mengurangi gerakan atau berbagai aktifitas yang lain. Istirahat akan meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, proses pemberian obat akan lebih efektif jika penderita bisa istirahat dengan baik. Anak-anak yang masih sekolah sebaiknya juga sementara tidak masuk sekolah. Istirahat harus dilakukan hingga benar-benar sembuh sebab jika tidak dilakukan maka resiko kambuh akan menjadi lebih besar.

> Antibiotik memang sudah digunakan untuk melawan infeksi bakteri sejak lama dan hasilnya memang sangat bagus. Beberapa jenis antibiotik dipilih untuk melawan bakteri namun diusahakan untuk tidak menyebabkan kerentanan dan perlawanan. Beberapa penderita tipes mungkin tidak bisa menerima antibiotik tertentu. Karena itulah pemberian antibiotik harus dilakukan oleh dokter yang sudah mengetahui kondisi penderita tipes secara keseluruhan.

> Penderita tipes juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan lunak atau makanan yang lembut. Beberapa jenis makanan yang sering disarankan misalnya bubur nasi merah atau nasi putih yang dicampur dengan sayuran. Bakteri penyebab tipes akan menyerang usus dan menyebabkan usus menjadi sangat sensitif. Makanan halus akan membantu usus  bekerja dengan baik dan tidak menyakiti usus itu sendiri. Sedangkan makanan yang kasar akan membuat luka pada usus dan menambah parah penyakit tipes.

> Penderita tipes sebaiknya juga harus lebih sering makan daripada makan banyak dalam sekali waktu. Makan lebih sering dengan jumlah sedikit akan membantu usus  bekerja lebih baik. Mengkonsumsi makanan halus ketika perut merasa perih dan sedikit tidak nyaman akan membiasakan usus untuk menerima makanan. Makanan juga bisa mencegah agar bakteri tidak berkembang. Cara mengobati tipes dengan mengkonsumsi makanan halus seperti bubur, akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

> Penderita tipes mungkin akan memiliki keinginan makanan yang sedikit aneh daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena kondisi badan yang tidak nyaman dan cenderung lidah yang terasa pahit. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang pedas harus dihindari untuk mencegah agar tipes tidak lebih buruk. Bahaya makanan pedas bisa menyebabkan usus menjadi luka dan membuat bakteri menjadi lebih ganas. Konsumsi makanan yang pedas juga bisa menyebabkan tipes menjadi lebih parah dan komplikasi seperti luka dan pendarahan pada usus.

> Penderita tipes juga harus menjaga kebersihan untuk mempercepat penyembuhan. Ketika menjaga kebersihan maka penderita bisa terhindar dari kontaminasi bakteri atau sumber penyakit yang lain. Penderita tipes memiliki kekebalan tubuh yang lebih lemah dan sangat mudah terkena sumber penyakit lain. Ketika terkena komplikasi maka bisa menghambat penyembuhan dan membuat tipes juga sulit untuk sembuh.

> Ketika awal gejala tipes maka penderita biasanya akan terkena panas yang sangat tinggi pada malam hari. Bahkan panas juga bisa terjadi sepanjang hari tergantung kondisi kesehatan penderita tipes. Ketika panas sangat dingin maka Anda bisa mengompres dengan air dingin. Cara ini dilakukan dengan merendam kain yang lembut atau handuk ke dalam air dingin. Setelah beberapa saat maka angkat dan peras. Kemudian letakkan pada bagian dahi atau ketiak.

> Penderita tipes yang mengalami gejala diare mungkin akan mengalami menjadi lebih parah. Untuk mengurangi gejala ini maka bisa membuat minuman oralit. Anda  bisa menggunakan jenis oralit yang sudah jadi dari apotik atau membuatnya sendiri. Campuran oralit terdiri dari setengah sendok garam dicampur dengan satu gelas air minum dingin yang bersih. Kemudian aduk hingga rata dan minum selama beberapa kali. Minuman ini bisa mengurangi diare dan mengatasi demam tipes agar tidak menjadi lebih parah.

> Bawang putih memang sudah dipercaya bisa meningkatkan kesehatan penderita tipes. Bawang putih mengandung bahan sulfur dan glukosinates yang akan meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan bawang putih bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menurunkan suhu demam yang terlalu tinggi dan membuat tipes menjadi lebih cepat pulih.

> Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang bisa mengobati tipes hingga sembuh total. Cengkeh mengandung bahan antibiotik alami yang bisa mengurangi aktifitas bakteri penyebab tipes. Bahkan cengkeh akan membantu mengobati penderita tipes yang juga terkena diare, mual dan muntah yang parah. Umumnya cengkeh banyak digunakan untuk cara mengobati tipes secara alami karena tidak memiliki efek samping.
Previous
Next Post »
0 Komentar