tentang MANFAAT NASI

MANFAAT NASI

Nasi adalah beras yang telah direbus (di masak). Proses perebusan beras dikenal sebagai ‘tim’. Penanakan diperlukan untuk membangkitkan aroma nasi dan membuatnya lebih lembut tapi masih mempertahankan konsistensi. Membuat nasi dengan air berlebih dalam proses perebusannya akan menghasilkan bubur. Warna beras yang telah dimasak (tanak) berbeda-beda tergantung pada jenis beras yang digunakan. Secara umum, warna beras putih ketika digunakan nasi putih. Beras merah atau beras ketan hitam akan menghasilkan warna yang sama dengan warna beras.



Beras dimakan oleh sebagian besar orang di Asia sebagai sumber utama karbohidrat dalam menu sehari-hari. Beras sebagai makanan pokok biasanya disajikan dengan lauk untuk rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Beras dapat di fungsikan lagi sebagai bahan makanan lainnya menjadi masakan baru, seperti nasi goreng, nasi kuning atau nasi kebuli. Beras bisa dikatakan makanan pokok bagi masyarakat di Asia, khususnya Asia Tenggara.

ada beberapa manfaat dari beras untuk masakan, yaitu :
> Mencegah KankerNasi mengandung banyak serat larut yang akan mengurangi risiko kanker sel terjadi di dalam tubuh. Banyak penelitian telah di lakukan dan terbukti di dalamnya bahwa serat  di dalamnya memperkecil terjadinya penyakit kangker.

> Mencegah SembelitNasi putih jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sembelit, karena kandungan serat yang rendah yang ada di nasi putih. Selain itu, terlalu banyak nasi putih juga akan menyebabkan buang air besar tidak akan normal.

> Program DietTentu saja karbohidrat tinggi dalam sepiring nasi putih akan mengganggu program diet yang sedang dilakukan. Karena menurut ahli gizi, nasi putih akan lebih mudah untuk membuat Anda menambah berat badan dengan cepat.

> Hindari KolesterolNasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali atau natrium. Oleh karena itu, tentu beras juga baik untuk dimasukkan dalam diet seimbang.

> Tingkat Gula Jadi StabilMakan nasi putih secara seimbang akan membuat kadar gula dalam tubuh akan tetap stabil dan sangat pas bagi penderita diabetes.

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat, tetapi nutrisi yang dikandungnya sangat rendah. Akibatnya, jika terlalu berlebihan, dapat menyebabkan kekurangan gizi bagi tubuh. Nutrisi bisa didapatkan dengan mengkonsumsi banyak vitamin dari buah-buahan atau sayuran.
Previous
Next Post »
0 Komentar