tentang MANFAAT FLU DAN PILEK

MANFAAT FLU DAN PILEK

Pilek merupakan sebuah peradangan yang terjadi di bagian lapisan hidung dan tenggorokan, sehingga mengakibatkan produksi lendir menjadi lebih banyak. Mereka yang terkena pilek akan mengalami gejala berupa nyeri tenggorokan, bersin-bersin, hidung tersumbat yang kemudian beringus, dan akhirnya mengalami batuk-batuk. Flu atau pilek dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Biasanya penyakit ini menyerang saat cuaca tidak stabil, seperti sekarang ujan lalu besoknya panas. Apabila kondisi tubuh kurang fit, bisa jadi kamu akan terserang penyakit berjuluk influenza ini. 



Sedangkan kontak secara tak langsung adalah ketika seseorang tidak sengaja memegang benda yang sudah terkontaminasi oleh virus flu. Kemudian ia menggunakan tangannya untuk makan atau memegang area sekitar hidung, tanpa mencucinya dulu. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga jarak aman ketika berdekatan dengan penderita. Pilek biasanya berlangsung selama seminggu. Akan tetapi, pada balita bisa berlangsung selama sepuluh sampai dengan empat belas hari. Bahkan apabila pilek disertai dengan batuk, maka bisa berlangsung selama lebih dari tiga Minggu. 

Pilek termasuk infeksi virus yang tergolong ringan. Ketika mengalami flu/pilek, usahakan kamu memperbanyak istirahat. Selain itu, cobalah konsumsi makanan yang kaya serat dan rendah lemak seperti buah dan sayur. Untuk menyembuhkan pilek ada beberapa cara, yaitu :

Menghirup uap air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih dan minyak menthol, akan sangat efektif untuk membantu meredakan hidung tersumbat akibat ingus.

Pilek juga bisa menyebabkan masalah tenggorokan seperti nyeri, radang, dan bahkan gatal-gatal. Untuk itu, kamu perlu mengatasinya supaya agar terasa lebih enakan. Campurkan garam bersama dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur selama 5 menitan.

Menthol akan membantu mengatasi hidung tersumbat dan merileksasi otot-otot dan saraf tegang pada tubuh kita. Oleskan minyak kayu putih atau balsem ke area leher, dada, punggung, dan sebagainya. Untuk balita, jangan oleskan ke bagian hidung karena akan sangat berbahaya. Sedangkan untuk meredakan tenggorokan, kamu bisa mengonsumsi permen menthol atau mint. 

Lada dan cabai memiliki senyawa capcaisin yang dapat membantu meningkatkan peredaran darah, melegakan hidung tersumbat, dan tentunya mengobati pilek. Semakin pedas makanan yang kamu konsumsi, maka akan semakin baik untuk menyembuhkan pilek.

jogging sebetulnya cukup efektif untuk mengobati flu. Berlari secara tidak langsung dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga hidung tersumbatpun bisa teratasi. 

Mengobati flu/pilek sebetulnya mudah saja, salah satunya kamu bisa istirahat total. Istirahat pada dasarnya membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh kita yang menurun saat terserang pilek. Sehingga melalui istirahat inilah sistem kekebalan tubuh akan naik dan flu pun bisa hilang. 

Semua tentu sudah tau keampuhan wedang jahe dalam menghangatkan tubuh kan? Ternyata selain menghangatkan, aroma khas dari jahe juga bisa membantu mengatasi flu/pilek secara alami. Kamu bisa mengonsumsi wedang jahe setiap pagi hari. Jangan lupa tambahkan sedikit madu agar khasiatnya semakin tinggi. Madu mengandung beragam nutrisi yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Previous
Next Post »
0 Komentar