tentang KESEGARAN JUS SEMANGKA

KESEGARAN JUS SEMANGKA

Semangka merupakan buah berkulit keras dengan warna hijau pekat terkadang muda disertai larik-larik hijau tua. Daging merah ada yang berwarna merah dan kuning, tergantung jenis kulitnya. Semangka adalah buah yang tahan hidup di lahan tandus apabila tengah memasuki masa pembentukan buah. Buah ini mempunyai cita rasa manis serta memberikan sensasi kesegaran bagi tenggorokan selama musim panas. Di sisi lain tanpa sepengetahuan manusia buah ini bersifat sebagai antioksidan yang membantu organ dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya. jus Semangka adalah sumber antioksidan fenolik yang juga kaya akan karotenoid.



Semangka menjadi salah satu sumber potassium terbanyak dibanding buah-buahan lain yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Selain itu mineral lain yang terdapat dalam buah semangka adalah mangan, fungsinya untuk metabolisme dan membangun struktur tulang. apalagi di jus akan menambahkan kesegaran pada dalam diri kita, jus semangka ini juga mempunyai fugnsinya, yaitu :

> jus semangka adalah sumber likopen yang lebih tinggi dibanding buah-buahan dan sayuran segar lain. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal oksigean yang berfungsi lebih optimal daripada beta-karoten dan vitamin E.

> jus Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas.

> Rasa manis yang dihasilkan dari jus buah semangka ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Selain itu jus buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung mengakibatkan berat badan meningkat.

> Mengonsumsi jus semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Hal ini menjadikan jus semangka sebagai makanan yang direkomendasikan kepada para atlet sehabis latihan keras.

> Minum dua cangkir jus semangka tiap hari dan juga mengoleskan jus semangka pada kulit Anda dapat mengurangi dampak negatif atau pengaruh buruk yang timbul akibat kulit terkena paparan cahaya matahari hingga kurang lebih 50%.

> Oleskan jus semangka ke seluruh kulit wajah menggunakan kapas, setelah itu diamkan 15 menit. Jika sudah bersihkan dengan air dingin terlebih dahulu, kemudian air dingin agar kotoran yang terangkat tidak masuk lagi.

> dalam jus semangka akan mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih dalam kelenjar sebaceous. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan jus semangka dengan daun mint yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam freezer lemari es sampai berbentuk sebongkah es batu. Setelah itu gosokkan pada wajah Anda, perawatan ini akan memperkecil ukuran pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit.

> jus semangka ini dapat melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikaitkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang dapat meningkatkan oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah.

> jus semangka menunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.

> jus semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

Sariawan merupakan gangguan penyakit ringan yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin C. Di dalam jus semangka terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, jika mengkonsumsinya secara teratur maka dapat mencegah terjadinya sariawan.

Jus semangka mempunyai kandungan mineral berupa kalium dan kalsium. Kedua kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang, menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis, sehingga tulang menjadi sehat.

mengkonsumsi jus semangka secara teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, jus semangka juga dapat dikonsumsi sebagai minuman diet sehat karena di dalamnya terdapat kadar gula dan kalori dalam porsi rendah. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memotong daging buah semangka berukuran kecil, masukkan ke dalam blander dan tuangkan ke dalam gelas. Untuk mendapatkan sensasi rasa ketika dikonsumsi, bisa ditambahkan dengan susu atau campuran buah lainnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar